Peusahaan Multinasional (NIKE)
kali ini tugas saya adalah meposting mengenai Perusahaan Multinasional. Perusahaan multinasional atau PMN adalah perusahaan
yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar.
Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global. atau bisa di lihat secara lebih detail disini.
Untuk postingan saya kali ini disuruh memilih salah satu perusahaan yang perusahaan tersebut sudah Multinasional. dari banyaknya perusahaan saya memilih NIKE. kalian mungkin sudah pada tau atau mungkin sudah tidak asing lagi.
Yap NIKE itu jenis perusahaan yang memiliki loga seperti gambar diatas di setiap produk yang dibuatnya kebanyakan memproduksi peralatan peratalan olahraga seperti sepatu futsal , sepatu lari , baju olahraga dan masih banyak lainnya. berikut ulasan sejarah mengenai NIKE.
Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat
yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal
karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Hazard, Ronaldinho dan Wayne rooney
dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, F.C. Basel, Juventus, Clube de Regatasd Flamengo, Steaua Bucuresti, AC Sparta Praha, Red Star Belgrade, Inter Milan, VfL Bochum, VfL Wolfsburg, Hertha BSC Berlin, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, Valencia C.F., Urawa Red Diamonds, Kaizer Chiefs, Atlético de Madrid, NK Maribor, Glasgow Celtic, FC Porto, Paris Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians. Mereka sering dituduh mempekerjakan anak-anak di bawah umur dalam sweatshop.
Sejarah NIKE
Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi
oleh khas logo perusahaan, para "swoosh" tik, dan slogan "Just Do It".
Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike
didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama
Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing
dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi
pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih
murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.
Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik,
dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada
1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal
revolusi jogging dan mulai mmasaran produk untuk pelari non-profesional
juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image
sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari
anak-anak sampai dewasa memakainya.
Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan
pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi
perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul
serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike
kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air
Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael
Jordan.
Hari ini, Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam
sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan
aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $
3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar
60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30
persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).
Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk
olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike Kampus
Dunia pada Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam
setiap hari di gym. Mereka dijelaskan oleh direktur Nike sebagai
"athletic, outdoor, lets-do-it-together types.
Perusahaan ingin dilihat, dalam kata-kata yang OWII, sebagai "young,
American and hi-tech, devoting a lot of attention to research and
development".
Ulasan NIKE berada di Tanah air Indonesi.
Nike telah beroperasi di Indonesia sejak 1988 dan hampir sepertiga
dari sepatu yang ada sekarang merupakan produk dari sana. Dalam sebuah
wawancara pers di November 1994, koordinator perusahaan Nike di
Indonesia, Tony Band, mengatakan perusahaan yang digunakan di Indonesia
berjumlah 11 kontraktor. Di antaranya merupakan bekas-bekas basis
perusahaan asosiasi Nike di Korea Selatan dan Taiwan -yang juga pada
saat yang sama menghasilkan untuk merek lain seperti Reebok, Adidas dan
Puma.
Hubungan antara Nike dan kontraktor di Indonesia cukup dekat. Setiap
personel Nike di setiap pabrik di Indonesia memeriksa kualitas dan
pengerjaan yang memenuhi persyaratan ketat Nike.
Sebagian besar pabrik yang memproduksi untuk Nike berlokasi di daerah
yang baru dikembangkan untuk industri ringan di Tangerang dan Serang,
sebelah barat Jakarta. Pada pabrik yang dimiliki Korea (dan beberapa
yang dimiliki Indonesia juga) manajemen puncaknya dipegang oleh orang
Korea. manajer tingkat menengah dan supervisor juga dapat berasal dari
Korea atau Indonesia. Tapi para pekerja produksi semua berasal dari
Indonesia, terutama wanita muda dalam kelompok usia 16-22, biasanya
pekerja tersebut berasal dari pulau Jawa.
sumber :
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Nike,_Inc.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_multinasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar